Home » , » Pengertian Price Awareness dan Prices Consciousness Adalah

Pengertian Price Awareness dan Prices Consciousness Adalah

Sekarang ini para penjual saling berlomba untuk mendapatkan banyak menarik konsumen untuk membeli produk mereka, salah satunya adalah dengan memberikan banyak informasi atau referensi yang berhubungan dengan produk yang mereka tawarkan termasuk informasi harga. Para konsumen akan membandingkan informasi berupa harga dari produk satu dan produk lainnya.

Konsumen yang berupaya mengambil keputusan untuk membeli sebuah produk dengan dipengaruhi oleh perbandingan informasi produk yang ada dikenal dengan istilah price awareness dan prices consciousness. Apa pengertian dari kedua istilah tersebut? berikut ini akan dijelaskan.

Ilustrasi marketing [image by www.kompasiana.com], 
Sedikit banyak Informasi yang diperoleh konsumen mempengaruhi terjadinya satu transaksi karena konsumen mempunyai informasi atau referensi untuk membandingkan harga produk yang satu dengan produk yang lain dan dengan produk alternatif. Konsumen dalam upaya memutuskan pengambil keputusan pembelian suatu produk dipengaruhi dan dikenal dengan istilah peranan price awareness dan prices consciousness.

Adapun yang dimaksud dengan price awareness adalah kemampuan individu/konsumen untuk mengingat harga baik harga produk itu sendiri maupun harga produk kompetitor untuk dijadikan referensi. Sedangkan pengertian dari price consciousness adalah kecenderungan konsumen untuk mencari perbedaan harga.

Konsumen yang dikatakan price conciousness adalah konsumen yang cenderung untuk membeli pada harga yang relatif lebih murah. Umumnya pelanggan tersebut tidak memperhatikan kelebihan–kelebihan dari produk, tetapi hanya mencari harga yang mempunyai perbedaan yang tinggi.

Sampai saat ini, kebanyakan konsumen yang mempunyai pendapatan rendah adalah konsumen yang memperhatikan price awareness dan price consciousness dalam mengambil keputusan. Untuk itu umumnya mereka akan berusaha mencari informasi tentang harga dan proses seleksi yang tinggi.

Sumber pustaka : Marketing untuk SMK Jilid 2 /oleh Ngadiman ---- Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Baca juga postingan lainnya yang berkaitan dengan "penetapan harga" berikut ini :

0 komentar:

Post a Comment

Memuat...
Powered by Blogger.