Media lini bawah, yaitu media-media minor yang digunakan untuk mengiklankan produk. Umumnya ada empat macam media yang digunakan dalam media bawah (Khasali, 1992), yaitu: pameran, direct mail, point of purchase, handising schemes, dan kalender.
1. Pameran
Umumnya pameran terdiri atas 2 jenis, yaitu pameran sambil berdagang pameran tanpa berdagang. Pameran terdiri atas 4 bentuk, yaitu :
Direct mail merupakan segala bentuk periklanan yang digunakan untuk menjual barang secara langsung kepada konsumen, baik melalui surat, kupon yang disebarkan diberbagai media cetak, maupun melalui telepon. Direct mail memiliki keunggulan sebagai berikut :
3. Point of Purchase
Point of Purchase merupakan display yang mendukung penjualan, dengan tujuan memberi informasi, mengingatkan, membujuk konsumen untuk memberi secara langsung, dan menjajakan produk. Bentuk-bentuk display yang biasa digunakan (Kasali, 1992) adalah :
Merchandising schemes berguna untuk mempertahankan pembelian lewat celah-celah yang dilupakan. Misalnya kepada konsumen yang berbelanja diberikan hadiah ekstra, potongan harga yang dicetak pada kemasan, premium offers (harga khusus yang diberikan kepada orang yang berbelanja dengan membawa potongan iklan di koran), dan kupon hadiah yang dapat langsung ditukarkan.
5. Kalender
Kalender merupakan salah satu media lini bawah yang sangat populer, karena kalender memiliki berbagai fungsi, di antaranya sebagai penanggalan, untuk mencatat janji, dan untuk menyimpan catatan-catatan penting lainnya. Bentuk kalender yang banyak dijumpai antara lain kalender dompet, kalender meja, kalender buku (agenda), kalender dinding, kalender perdagangan, dan kalender harian. NEXT
Sumber pustaka : Marketing untuk SMK Jilid 2 /oleh Ngadiman ---- Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Baca juga postingan lainnya yang berkaitan dengan "marketing periklanan" berikut ini :
1. Pameran
Umumnya pameran terdiri atas 2 jenis, yaitu pameran sambil berdagang pameran tanpa berdagang. Pameran terdiri atas 4 bentuk, yaitu :
- General fairs (horizontal fairs), yaitu pameran yang mencakup berbagai macam komoditi, seperti komoditi pertanian, industri, kerajinan, mesin-mesin industri kimia, peralatan rumah tangga, dan sebagainya.
- Specialized show (vertical fairs), yaitu pameran yang khusus menampilkan hasil produksi dari suatu industri tertentu.
- Consumer fair, yaitu pameran yang biasanya menampilkan barang-barang kebutuhan rumah tangga.
- Solo exhibition, yaitu pameran yang diselenggarakan atas inisiatif seorang pengusaha atau produsen, kelompok usaha, atau pemerintah untuk memamerkan hasil produksinya kepada golongan masyarakat yang berminat.
Direct mail merupakan segala bentuk periklanan yang digunakan untuk menjual barang secara langsung kepada konsumen, baik melalui surat, kupon yang disebarkan diberbagai media cetak, maupun melalui telepon. Direct mail memiliki keunggulan sebagai berikut :
- Dapat memilih khalayak yang dituju,
- Fleksibel,
- Jumlah respon khalayak dapat diukur,
- Tidak ada saingan,
- Ada sentuhan pribadi (bersifat pribadi),
- Dapat ditanggapi segera.
- Mahal,
- Direct mail yang datang bertubi-tubi ke satu calon pembeli dapat dianggap sebagai 'sampah',
- Sulit menembus jajaran eksekutif karena disensor sekretarisnya,
- Tingkat respon umumnya rendah,
- Alamat khalayak sasaran bisa berpindah-pindah.
contoh point of purchase [image by www.fabianstudio.biz], |
Point of Purchase merupakan display yang mendukung penjualan, dengan tujuan memberi informasi, mengingatkan, membujuk konsumen untuk memberi secara langsung, dan menjajakan produk. Bentuk-bentuk display yang biasa digunakan (Kasali, 1992) adalah :
- Wire stands: rak untuk buku,
- Dumpers/dump bins : gantungan untuk makanan kaleng.
- Dispenser packs/display outer : tempat untuk barang yang kecil.
- Display stands and cases : display untuk arloji.
- Trade figures : graft-graft.
- Small poster : display untuk dipasang di pintu dan jendela atau dinding.
- Models : model statis atau bergerak.
Merchandising schemes berguna untuk mempertahankan pembelian lewat celah-celah yang dilupakan. Misalnya kepada konsumen yang berbelanja diberikan hadiah ekstra, potongan harga yang dicetak pada kemasan, premium offers (harga khusus yang diberikan kepada orang yang berbelanja dengan membawa potongan iklan di koran), dan kupon hadiah yang dapat langsung ditukarkan.
5. Kalender
Kalender merupakan salah satu media lini bawah yang sangat populer, karena kalender memiliki berbagai fungsi, di antaranya sebagai penanggalan, untuk mencatat janji, dan untuk menyimpan catatan-catatan penting lainnya. Bentuk kalender yang banyak dijumpai antara lain kalender dompet, kalender meja, kalender buku (agenda), kalender dinding, kalender perdagangan, dan kalender harian. NEXT
Sumber pustaka : Marketing untuk SMK Jilid 2 /oleh Ngadiman ---- Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Baca juga postingan lainnya yang berkaitan dengan "marketing periklanan" berikut ini :
0 komentar:
Post a Comment