Home » , » Pengertian dan Jenis Convenience Goods Adalah

Pengertian dan Jenis Convenience Goods Adalah

Convenience Goods merupakan istilah yang digunakan dalam marketing dan merupakan salah satu jenis dari barang konsumen. Barang konsumen itu sendiri ialah barang yang dikonsumsi untuk kepentingan konsumen akhir sendiri (individu dan rumah tangga), bukan untuk tujuan bisnis.

Convenience Goods atau barang kenyamanan merupakan barang yang pada umumnya memiliki frekuensi pembelian tinggi (sering dibeli), dibutuhkan dalam waktu segera, dan hanya memerlukan usaha yang minimum (sangat kecil) dalam pembandingan dan pembeliannya. Contohnya antara lain rokok, sabun, pasta gigi, baterai, permen, dan surat kabar.

Contoh convenience goods [image by www.thegrocer.co.uk], 
Convenience goods sendiri masih dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu staples, impulse goods, dan emergency goods. Berikut penjelasan dari ketiga jenis barang kenyamanan tersebut.
  1. Staples adalah barang yang dibeli konsumen secara reguler atau rutin, misalnya sabun mandi dan pasta gigi.
  2. Impulse goods merupakan barang yang dibeli tanpa perencanaan terlebih dahulu ataupun usaha-usaha mencarinya. Biasanya impulse goods tersedia dan dipajang di banyak tempat yang tersebar, sehingga konsumen tidak perlu repot-repot mencarinya. Contohnya permen, coklat, majalah. Biasanya impulse goods dipajang di dekat kasir atau tempat strategis di supermarket.
  3. Emergency goods adalah barang yang dibeli bila suatu kebutuhan dirasa konsumen sangat mendesak, misalnya payung dan jas hujan di musim hujan.
Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian dan jenis Convenience Goods, dari penjelasan tersebut dapat kita simpulkan bahwa Convenience Goods ini merupakan barang yang pada umumnya selalu dibeli, dibutuhkan, dan memerlukan usaha yang sedikit untuk membelinya karena mudah didapat. Convenience Goods juga dibedakan menjadi tiga, yaitu Staples, Impulse goods, dan Emergency goods.  NEXT 

Baca postingan lainnya yang berkaitan dengan "barang marketing" berikut ini:

0 komentar:

Post a Comment

Memuat...
Powered by Blogger.