Home » , » Pengertian dan Jenis Shopping Goods Adalah

Pengertian dan Jenis Shopping Goods Adalah

Shopping goods merupakan salah satudari empat jenis atau klasifikasi dari barang konsumen, selain shopping goods terdapat pula convenience goods, ppecially goods, dan unsought goods. Apa sebenarnya shopping goods ini? Berikut akan dijelaskan secara singkat.

Shopping Goods adalah barang-barang yang dalam proses pemilihan dan pembeliannya dibandingkan oleh konsumen di antara berbagai alternatif yang tersedia. Kriteria perbandingan tersebut meliputi harga, kualitas, dan model masing-masing barang. Contohnya alat alat rumah tangga, pakaian, dan furniture.

Shopping Goods [image by www.jagatpost.com], 
Shopping goods terdiri atas dua jenis, yaitu homogeneous shopping goods dan heterogeneous shopping goods.
  1. Homogeneous shopping goods merupakan barang-barang yang oleh konsumen dianggap serupa dalam hal kualitas tetapi cukup berbeda dalam harga. Dengan demikian konsumen berusaha mencari harga yang termurah dengan cara membandingkan harga di satu toko dengan toko lainnya Contohnya adalah tape recorder, TV dan mesin cuci.
  2. Heterogeneous shopping goods adalah barang-barang yang aspek karakteristik atau ciri-cirinya (features) dianggap lebih penting oleh konsumen daripada aspek harganya. Dengan kata lain, konsumen rnempersepsikannya berbeda dalam hal kualitas dan atribut. Contohnya perlengkapan rumah tangga, mebel, dan pakaian.
Bagaimana, sudah jelas bukan mengenai Shopping Goods? Dari penjelasan singkat tersebut dapat kita dapatkan bahwa shopping goods merupakan barang yang dibelanja oleh konsumen, dimana dalam proses membelinya itu membandingkan dengan barang alternatif lainnya.  NEXT 

Baca postingan lainnya yang berkaitan dengan "barang marketing" berikut ini:

0 komentar:

Post a Comment

Memuat...
Powered by Blogger.