Home » » Tingkatan Produk Beserta Contohnya

Tingkatan Produk Beserta Contohnya

Produk ialah segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, dicari, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan. Produk yang bisa ditawarkan oleh produsen ke pasar dapat meliputi barang fisik, jasa, pribadi atau orang, tempat, organisasi, serta ide.

Jika dilihat secara konseptual, produk dapat diartikan sebagai pemahaman subjektif dari produsen atas sesuatu yang bisa ditawarkan sebagai usaha untuk mencapai tujuan organisasi melalui pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen, sesuai dengan kompetensi dan kapasitas organisasi serta daya beli pasar.

Tingkatan produk, 
Bagi pemasar, untuk merencanakan penawaran atau produk mesti mengetahui serta memahami mengenaitingkatan-tingkatan dalam produk. Pada umumnya produk mempunyai lima tingkatan yaitu produk utama/inti (core benefit), produk generik, produk harapan (expected product), produk pelengkap (augmented product), dan produk potensial.

Tingkatan yang pertama ialah produk utama/inti (core benefit), apa itu produk utama/inti? Produk utama/inti yaitu produk yang mempunyai manfaat yang sebenarnya dibutuhkan dan akan dikonsumsi oleh pelanggan atau konsumen dari setiap produk. Sebagai contoh, manfaat yang dibeli oleh para pelanggan tukang cukur ialah mempunyai rambut yang rapi.

Tingkatan kedua produk yaitu produk generik, produk generik ialah produk dasar yang mampu memenuhi fungsi produk yang paling dasar (rancangan produk minimal agar dapat berfungsi). Misalnya usaha salon, selain menyediakan jasa potong rambut, salon juga menyediakan jasa lainnya seperti rias, perawatan wajah, dan lain sebagainya.

Tingkatan produk yang ketiga yaitu produk harapan, produk harapan merupakan produk formal yang ditawarkan dengan berbagai atribut dan kondisinya secara normal (layak) diharapkan dan disepakati untuk dibeli. Sebagai contoh pada produk jasa angkutan umum, para penumpang angkot mengharapkan kenyamanan tempat duduk, keamanan dalam angkot, dan lainnya.

Tingkatan produk yang ke empat ialah produk pelengkap, produk pelengkap yaitu produk yang mempunyai berbagai atribut yang dilengkapi atau ditambahi berbagai manfaat dan layanan, sehingga dapat memberikan tambahan kepuasan dan bisa dibedakan dngan produk pesaing. Misalnya pada produk smartphone, para pengguna smartphone dapat mengubah tampilan, warna, aplikasi, serta casingnya agar berbeda dengan smartphone pengguna lain walaupun mempunyai merek yang sama.

Tingkatan produk yang terakhir atau yang ke lima ialah produk potensial, produk potensial yaitu segala macam tambahan dan perubahan yang mungkin dikembangkan untuk sesuatu produk di masa mendatang. Sebagai contoh, produk jasa angkutan kereta api yang dapat menambahkan cctv disetiap gerbongnya, kursi yang nyaman, tempat yang bersih, dan lainnya.

3 komentar:

  1. Simple produk tapi bisa mencakup semua menjadi lebih simple

    ReplyDelete
  2. sumpah iklannya jijik in banget min

    ReplyDelete
  3. choliz adja>> Udah dihapus gan,, saya juga jijik lihat iklannya..

    ReplyDelete

Memuat...
Powered by Blogger.