Home » » Macam-Macam Media Elektronik

Macam-Macam Media Elektronik

Pasti kita sudah tidak asing lagi menndengar kata media, apa itu media? Media yaitu sarana/alat yang digunakan untuk mengkomunikasikan pesan. Media terdiri atas media cetak (koran, majalah, surat langsung), media penyiaran (radio, televisi), media elektronik (pita audio, pita video, videodisk, CD-ROM), dan media display (papan reklame, tanda reklame, poster).

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang salah satu media yang sering digunakan dalam memasarkan atau mempromosikan atau mengiklankan produk yang akan ditawarkan ke konsumen, yaitu media elektronik.

Videotron, [image by panoramio..com], 
Media elektronik, yaitu media dengan teknologi elektronik dan hanya bisa digunakan bila ada jasa transmisi siaran. Bentuk-bentuk iklan dalam media elektronik biasanya berupa sponsorship, iklan partisipasi (disisipkan di tengah-tengah film atau acara pengumuman/film, iklan layanan masyarakat, jingle, sandiwara, dan lain-lain.

Media elektronik termasuk kedalam saluran komunikasi nonpersonel, apa itu saluran komunikasi nonpersonal? Saluran komunikasi nonpersonal yaitu mengkomunikasikan atau menyampaikan pesan tanpa melakukan kontak atau interaksi pribadi kepada calon konsumen  atau pembeli. Tetapi dilakukan melalui media, atmosfer, dan acara.

Seperti yang telah dikemukakan pada awal tadi, khususnya pada media elektronik mempunyai bermacam-macam bentuk. Misalnya Televisi dan Radio. Kedua media elektronik tersebut banyak digunakan untuk keperluan marketing berupa promosi atau memperkenalkan produk yang mereka tawarkan kepada konsumen.

Televisi mempunyai beberapa keunggulan yang dapat anda pertimbangkan untuk mempromosikan produk anda, seperti Bersifat audio, visual, motion; Formatnya sangat fleksibel; Jangkauannya jauh; Prestisius; Sangat menarik perhatian; Menimbulkan dampak yang kuat; dan Kemampuannya yang kuat untuk mempengaruhi persepsi khalayak.

Selain mempunyai keunggulan-keunggulan, media televisi juga mempunyai beberapa kelemahan, yaitu Sangat mahal, Banyak gangguan, Penayangan terlalu cepat, dan Khalayak tidak selektif.

Seperti pada media televisi, media radio juga mempunyai beberapa keunggulan serta kelemahan, keunggulan-keunggulan media radio dari media lainnya yaitu  Merupakan media yang bersifat massal, Memiliki khalayak yang terspesialisasi secara geografis dan demografis, Pembuatan iklan untuk radio relatif murah, Dapat mendukung kampanye iklan di media lain, Fleksibel, Penyisipan iklan di tengah-tengah acara radio lebih efektif daripada penyisipan iklan di tengah-tengah acara televisi, Radio bukan media yang musiman, dan Radio dapat dibawa-bawa dan relatif tidak memerlukan energi listrik yang besar.

Selain keunggulan, terdapat pula beberapa kelemahan yang terdapat pada media radio, yaitu Hanya menyajikan suara, Iklan di radio biasanya disuarakan dengan cepat, Banyaknya stasiun radio di suatu wilayah menyebabkan pengiklan wring tumpang tindih dalam menjangkau pasar, Iklan harus disesuaikan dengan sumber daya setempat, dan Frekuensi Wan yang disiarkan sulit dibuktikan telah sesuai dengan pesanan.

Selain media televisi dan radio, terdapat juga satu yang termasuk kedalam media elektronik yaitu videotron, teman-teman pasti pernah melihat videotron pada saat melintas di jalan. Biasanya videotron ini dipasang di perempatan, berdekatan dengan lampu lalu lintas. Media ini menyasar pengguna yang sedang berada dijalan menunggu lampu merah berganti dengan hijau.

Biasanya media elektronik ini berisi tentang iklan produk, layanan masyarakat, himbauan dan lain sebagainya. Seperti pada media televisi dan radio, untuk mengiklankan sebuah produk perlu membayar kepada penyedia layanan videotron.

0 komentar:

Post a Comment

Memuat...
Powered by Blogger.