Produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan.
Produk mempunyai 5 tingkatan atau level, yaitu produk utama/inti (core benefit), produk generik, harapan (expected product), produk pelengkap (augmented product), dan produk potensial. Selain itu berdasarkan berwujud tidaknya, produk dapat diklasifikasikan ke dalam dua kelompok utama salah satunya ialah barang.
Barang merupakan produk yang berwujud fisik, sehingga bisa dilihat, diraba/ disentuh, dirasa, dipegang, disimpan, dipindahkan, dan perlakuan fisik lainnya. Ditinjau dari aspek daya tahannya, terdapat dua macam barang, salah satunya yaitu nondurable goods atau barang tidak tahan lama. Apa yang dimaksud dengan nondurable goods atau barang tidak tahan lama?
Barang Tidak Tahan Lama atau Non Durable Goods adalah barang berwujud yang biasanya habis dikonsumsi dalam satu atau beberapa kali pemakaian. Dengan kata lain, umur ekonomisnya dalam kondisi pemakaian normal kurang dari satu tahun. Contohnya adalah sabun, minuman dan makanan ringan, kapur tulis, gula, dan garam.
Oleh karena barang jenis ini dikonsumsi dengan cepat dalam waktu singkat dan frekuensi pembeliannya sering terjadi, maka strategi yang paling tepat adalah menyediakannya di banyak lokasi, menerapkan mark -up yang kecil, dan mengiklankannya secara gencar untuk merangsang orang agar mencobanya dan sekaligus untuk memben-tuk preferensi.
Baca juga postingan lainnya yang berkaitan dengan "produk marketing" berikut ini:
Produk mempunyai 5 tingkatan atau level, yaitu produk utama/inti (core benefit), produk generik, harapan (expected product), produk pelengkap (augmented product), dan produk potensial. Selain itu berdasarkan berwujud tidaknya, produk dapat diklasifikasikan ke dalam dua kelompok utama salah satunya ialah barang.
![]() |
Non durable goods [image by duniaindustri.com], |
Barang Tidak Tahan Lama atau Non Durable Goods adalah barang berwujud yang biasanya habis dikonsumsi dalam satu atau beberapa kali pemakaian. Dengan kata lain, umur ekonomisnya dalam kondisi pemakaian normal kurang dari satu tahun. Contohnya adalah sabun, minuman dan makanan ringan, kapur tulis, gula, dan garam.
Oleh karena barang jenis ini dikonsumsi dengan cepat dalam waktu singkat dan frekuensi pembeliannya sering terjadi, maka strategi yang paling tepat adalah menyediakannya di banyak lokasi, menerapkan mark -up yang kecil, dan mengiklankannya secara gencar untuk merangsang orang agar mencobanya dan sekaligus untuk memben-tuk preferensi.
Baca juga postingan lainnya yang berkaitan dengan "produk marketing" berikut ini:
0 komentar:
Post a Comment