Home » » Pengertian Audit Manajemen (Management Audit) Adalah

Pengertian Audit Manajemen (Management Audit) Adalah

Audit merupakan salah satu hal yang terpenting dalam sebuah perusahaan, sebab dengan dilakukannya audit maka akan diketahui permasalahan yang terdapat dalam perusahaan tersebut dan dapat dibenahi dengan cepat.

Proses auditing memiliki dua tahap dasar, yaitu Identifikasi, pengukuran, pengumpulan, dan analisis semua fakta dan pendapat yang mempengaruhi permasalahan perusahaan; dan Penggunaan penilaian (judgment) untuk hal-hal yang tetap tidak jelas sampai analisis awal selesai dilakukan.

Ilustrasi management audit [image by kiplinger.com], 
Salah satu dari lima langkah dalam proses perencanaan pemasaran yaitu adanya audit manajemen atau management audit. Istilah audit manajemen (management audit) sebenamya berarti suatu audit tingkat perusahaan yang melibatkan pengukuran semua sumber daya internal dihadapkan pada lingkungan eksternal.

Dalam praktik, cara terbaik untuk melakukan suatu audit manajemen (management audit) adalah dengan melakukan audit secara terpisah untuk setiap fungsi manajemen utama. Oleh karena itu, audit pemasaran (marketing audit) hanyalah sebagian dari audit manajemen yang lebih luas, dilakukan dengan cara yang sama seperti cara mengaudit produksi.

Sumber pustaka : Marketing untuk SMK Jilid 2 /oleh Ngadiman ---- Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

0 komentar:

Post a Comment

Memuat...
Powered by Blogger.