Home » » 5 Langkah Dalam Proses Perencanaan Pemasaran Adalah

5 Langkah Dalam Proses Perencanaan Pemasaran Adalah

Dalam melakukan segala hal dalam perusahaan perlu adanya perencanaan terlebih dahulu, dengan adanya perencanaan yang baik dan matang maka tujuan yang akan nantinya kita ingin dapatkan akan tercapai. Begitu juga dalam hal kegiatan pemasaran maka baiknya dibuat Perencanaan Pemasaran.

Perencanaan pemasasaran (marketing planning) adalah suatu bagan dari suatu desain untuk mencapai suatu tujuan. Tujuannya adalah untuk menciptakan nilai bagi konsumen dalam kondisi tetap menguntungkan perusahaan atau dalam konsep pemasaran saat ini, suatu hubungan yang saling menguntungkan.

Terdapat Lima langkah dalam proses perencanaan pemasaran, yaitu langkah pertama adalah sasaran keuangan perusahaan, dalam langkah pertama ini biasanya dinyatakan dengan pertumbuhan penjualan dan pendapatan yang ditargetkan.

Proses marketing planning [Image by marketingdonut.co.uk], 
Langkah kedua adalah audit manajemen, dalam langkah kedua ini dilakukan beberapa bentuk audit, diantaranya audit pemasaran, audit distribusi, audit manufaktur, audit keuangan, dan personalia; Adapun langkah ketiga adalah penetapan sasaran dan strategi.

Untuk menetapkan sasaran dan strategi dalam perencanaan pemasaran terdapat beberapa variabel yang disasar, yaitu sasaran pemasaran dan strategi, sasaran distribusi dan strategi, sasaran manufaktur dan stratgei, sasaran keuangan dan strategi, dan sasaran personalia dan strategi.

Langkah keempat adalah rencana, dalam langkah ini beberapa hal masuk ke dalam rencana yaitu rencana pemasaran, rencana distribusi, rencana manufaktur, rencana keuangan, dan rencana sumber daya manusia. Langkah terakhir adalah rencana perusahaan, dalam langkah ini menerbitkan rencana perusahaan yang berikan sasaran dan strategi perusahaan, sasaran dan strategi pemasaran, dan sebagainya.

Rencana pemasaran menentukan di mana perusahaan saat ini, ke mana akan pergi, dan bagaimana untuk mencapainya; rencana harus menjadi acuan bagi semua keputusan organisasi yang akan diambil.

Rencana pemasaran terletak di jantung kegiatan penciptaan pendapatan perusahaan. Apa yang harus muncul dalam rencana pemasaran strategis tertulis, yaitu: Pernyataan misi (mission statement), Hal berikut harus muncul dalam suatu pernyataan misi atau tujuan: Peran atau kontribusi, Definisi bisnis, Kompetensi inti (core competencies), Posisi unik dan berharga, dan Indikasi masa depan di pasar yang dipilih perusahaan.

Sumber pustaka : Marketing untuk SMK Jilid 2 /oleh Ngadiman ---- Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

0 komentar:

Post a Comment

Memuat...
Powered by Blogger.