Home » , » Pengertian Atribut Produk Adalah

Pengertian Atribut Produk Adalah

Pengertian Atribut Produk Adalah ~ Atribut produk adalah unsur-unsur produk yang dipandang penting oleh konsumen dan dijadikan dasar pengambilan keputusan pembelian. Atribut produk meliputi merek, kemasan, jaminan (garansi), pelayanan, dan sebagainya.

Tujuan dari merek adalah sebagai identitas, alat promosi, untuk membina citra, dan untuk mengendalikan pasar. Sedangkan dalam penggunaan kemasan mempunyai tujuan: sebagai pelindung isi (protection), untuk memberikan kemudahan dalam penggunaan (operating), bermanfaat dalam pemakaian ulang (reusable), memberikan daya tarik (promotion), sebagai identitas (image) produk, distribusi (shipping), informasi (labelling), dan sebagai cermin inovasi produk.

Gambar ilustrasi marketing [source image by www.tubasmedia.com], 
Sebuah label bisa merupakan bagian dari kemasan, atau bisa pula merupakan etiket (tanda pengenal) yang dicantelkan pada produk. Secara garis besar terdapat tiga macam label, yaitu: brand label, descriptive label, dan grade label.

Suatu produk apapun tidak terlepas dari unsur jasa atau layanan, baik itu jasa sebagai produk inti (jasa murni) maupun jasa sebagai pelengkap. Layanan pelengkapan terdiri dari informasi, konsultasi, order taking, hospitality, caretaking, exceptions, billing, dan pembayaran.

Sumber pustaka : Marketing untuk SMK Jilid 1 /oleh Ngadiman ---- Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Baca juga postingan lainnya yang berkaitan dengan "produk" berikut ini :

0 komentar:

Post a Comment

Memuat...
Powered by Blogger.