Home » , » Maksud dan Tujuan Segmentasi Pasar Adalah

Maksud dan Tujuan Segmentasi Pasar Adalah

Segmentasi pasar adalah pembagian suatu pasar yang heterogen kedalam satuan- satuan pembeli yang homogen, dimana kepada setiap satuan pembeli yang homogen tersebut dijadikan sasaran pasar yang dicapai dengan marketing mix tersendiri.

Maksud dan tujuan segmentasi pasar adalah pasar lebih mudah dibedakan; pelayanan kepada pembeli menjadi lebih baik; strategi pemasaran menjadi lebih mengarah. Tahapan perusahaan dalam mengalihkan pemasaran massal dan pemasaran produk deferensiasi menuju ke pemasaran sasaran sebagai berikut.
Gambar ilustrasi segmentasi pasar [source image by alexandercharliethings.blogspot.com], 
  1. Pemasaran massal yakni ditandai dengan memproduksi, mendistribusikan serta mempromosikan secara massal kepada semua konsumen;
  2. Pemasaran produk yang terdiferensiasi. Dalam hal ini perusahaan mencoba untuk mengidentifikasi kelompok-kelompok pembeli tertentu dengan cara membagi pasar dalam dua kelompok segmen atau lebih dan untuk masing- masing segmen ditawarkan jenis produk yang berbeda dengan kelompok lain;
  3. Pemasaran sasaran. Dalam hal ini perusahaan hanya memusatkan usaha pemasarannya pada satu atau beberapa kelompok segmen pasar tertentu saja. Strategi ini ditempuh dengan mengembangkan produk dan pembedanya serta melakukan bauran produk, harga, distribusi dan promosinya untuk kelompok tertentu saja.
Sumber pustaka : Marketing untuk SMK Jilid 1 /oleh Ngadiman ---- Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Baca juga postingan lainnya yang berkaitan dengan "pasar" berikut ini :

0 komentar:

Post a Comment

Memuat...
Powered by Blogger.