Home » » Isi atau Bagian-Bagian Rencana Pemasaran Adalah

Isi atau Bagian-Bagian Rencana Pemasaran Adalah

Kita telah mengetahui bahwa salah satu hasil utama proses pemasaran adalah rencana pemasaran. Pertanyaannya bagaimana bentuk rencana pemasaran? Rencana pemasaran memiliki beberapa bagian,bagian-bagian rencana akan digambarkan untuk kasus berikut:

Agus adalah manajer produk dalam sistem stereo modular cahaya, seri Bintang. Setiap sistem terdiri dari radio AM-FM, amplifier, piringan hitam, kaset dan pengeras suara terpisah. Cahaya menawarkan beberapa model dalam rentang harga Rp.150.000, - Rp.400.000,-. Tujuan utama Cahaya adalah meningkatkan pangsa pasar dan labanya dalam pasar sistem stereo modular. Sebagai manajer produk, Ugik harus menyiapkan rencana pemasaran untuk memperbaiki unjuk kerja seri Bintang.

Gambar ilustrasi rencana pemasaran [source image by asephafid.wordpress.com], 
Berdasarkan kasus diatas, maka bagian-nagian atau daftar isi dari rencana pemasarannya dapat dibuat sebagai berikut.

Bagian : Ringkasan Eksekutif
    Tujuan : Menyajikan simpulan singkat mengenai tujuan utama dan rekomendasi rencana untuk diulas oleh manajemen, membantu manajemen puncak untuk mengetahui hal-hal terpenting dengan cepat. Daftar isi sebaiknya diletakkan setelah ringkasan eksekutif.
Bagian : Situasi pemasaran saat ini
    Tujuan : Menggambarkan pasar yang dibidik dan posisi perusahaan di dalamnya. Termasuk di dalamnya informasi mengenai pasar, kinerja produk, persaingan dan distribusi. Tercakup di dalamnya:
    • Deskripsi pasar yang mendefinisikan pasar dan segmen-segmen utama, dan tinjauan mengenai kebutuhan pelanggan dan faktorfaktor dalam lingkungan pemasaran yang mungkin mempengaruhi pembelian pelanggan
    • Tinjauan produk yang menunjukkan penjualan, harga, dan laba kotor produkproduk utama dalam lini produk
    • Tinjauan mengenai persaingan yang mengidentifikasikan pesaing utama dan menilai posisi mereka di pasar serta strategi mereka yang mencakup kualitas produk, harga, distribusi dan promosi
    • Tinjauan distribusi yang mengevaluasi trend penjualan saat ini dan perkembangan lain di saluran distribusi utama
Bagian : Analisis ancaman dan peluang
    Tujuan : Menilai ancaman dan peluang utama yang mungkin akan dihadapi oleh produk, membantu manajemen mengantisipasi perkembangan negatif dan positif yang penting yang dapat mempengaruhi perusahaan dan strateginya.
Bagian : Tujuan dan isu-isu
    Tujuan : Menyatakan tujuan pemasaran yang ingin dicapai oleh perusahaan selama masa perencanaan dan mendiskusikan isu utama yang akan mempengaruhi pencapaian perusahaan. Misalnya, jika sasaran yang ingin dicapai adalah 15 persen pangsa pasar, bagian ini akan menjelaskan cara sasaran itu dicapai.
Bagian : Strategi pemasaran
    Tujuan : Merangkum pola pikir pemasaran secara umum yang ingin digunakan oleh unit bisnis untuk mencapai tujuan pemasaran dan secara lebih spesifik menyatakan pasar yang akan dibidik, penetapan posisi, dan tingkatan pengeluaran pemasarannya. Bagian ini merangkum strategi-strategi secara spesifik untuk setiap elemen bauran pemasaran dan menjelaskan bagaimana masing-masing strategi itu merespon ancaman, peluang, dan isu-isu penting yang dilontarkan dalam bagian rencana sebelumnya.
Bagian : Program tindakan
    Tujuan : Menyajikan bagaimana strategi pemasaran akan diterapkankan ke dalam program tindakan spesifik yang menjawab pertanyaan berikut ini: Apa yang akan dilakukan? Kapankah hal tersebut akan dilaksanakan? Siapa yang bertanggungjawab melaksanakannya? Berapa biayanya?

Bagian : Anggaran
    Tujuan : Berisikan rincian anggaran kegiatan penunjang pemasaran yang pada dasarnya merupakan proyeksi laporan rugi laba. Anggaran itu menunjukkan penerimaan yang diharapkan (perkiraan jumlah unit yang terjual dengan harga bersih rata-rata) dan perkiraan biaya (produksi, distribusi, dan pemasaran). Perbedaan antara keduanya merupakan proyeksi laba. Jika disetujui oleh manajemen yang lebih tinggi, anggaran itu menjadi dasar dalam pembelian bahan baku, perencanaan produksi, perencanaan SDM, dan operasi pemasaran.
Bagian : Pengendalian
    Tujuan : Merangkum pengendalian yang akan digunakan untuk memonitor kemajuan tindakan dan memungkinkan manajemen yang lebih tinggi untuk meninjau hasil implementasi serta menunjukkan produk-produk yang tidak mencapai sasarannya.
Sumber pustaka : Marketing untuk SMK Jilid 2 /oleh Ngadiman ---- Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Baca juga postingan lainnya yang berkaitan dengan "marketing" berikut ini :

0 komentar:

Post a Comment

Memuat...
Powered by Blogger.