Home » , , » Peranan Harga Dalam Bauran Pemasaran

Peranan Harga Dalam Bauran Pemasaran

Pada kondisi dan situasi penuh persaiangan peranan harga cenderung meningkat, menurut Prof.Michael Laric dalam buku Marketing Startegy and Management, Michael J Baker, Emeritus Proffesor of Marketing, Strathclyde University, England, peranan harga dalam bauran pemasaran bahwa peranan harga cenderung meningkat apabila kondisi-kondisi berikut terjadi;
  1. Produk tersebut pertama kali diterjunkan ke pasar;
  2. Dikaitkan dengan tujuan perusahaan;
  3. Perusahaan kompetitor melakukan penurunan harga;
  4. Adanya produk baru yang dihasilkan dari pengembangan teknologi baru yang mempunyai sifat subtitusi dan lebih efisien serta efektif.
Disamping itu menurut dari Prof Michael J Baker, harga memiliki peranan penting dalam bauran pemasaran dikarenakan :
  1. Elasitas harga lebih besar pengaruh terhadap permintaan dibandingkan dengan elasitas elemen marketing mix lainnya;
  2. Perubahan harga sangat mempengaruhi perubahan jumlah penjualan;
  3. Pelaksanaan perubahan harga jauh lebih mudah dibandingkan dengan rencana perubahan strategi produk atau promosi;
  4. Reaksi perusahaan saingan terhadap perubahan harga biasanya lebih cepat dan sensitif;
  5. Dalam melaksanakan implementasi harga tidak memerlukan investasi modal;
  6. Harga suatu produk sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal (resesi ekonomi dan inflasi, peningkatan suhu persaingan, kejenuhan pasar atau kelebihan jumlah pasokan, muncul perusahaan kompetitor baru, dan berkembangnya konsumerisme).
Sumber pustaka : Marketing untuk SMK Jilid 2 /oleh Ngadiman ---- Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Baca juga postingan lainnya yang berkaitan dengan "pasar marketing" berikut ini :

0 komentar:

Post a Comment

Memuat...
Powered by Blogger.