- Produk tersebut pertama kali diterjunkan ke pasar;
- Dikaitkan dengan tujuan perusahaan;
- Perusahaan kompetitor melakukan penurunan harga;
- Adanya produk baru yang dihasilkan dari pengembangan teknologi baru yang mempunyai sifat subtitusi dan lebih efisien serta efektif.
- Elasitas harga lebih besar pengaruh terhadap permintaan dibandingkan dengan elasitas elemen marketing mix lainnya;
- Perubahan harga sangat mempengaruhi perubahan jumlah penjualan;
- Pelaksanaan perubahan harga jauh lebih mudah dibandingkan dengan rencana perubahan strategi produk atau promosi;
- Reaksi perusahaan saingan terhadap perubahan harga biasanya lebih cepat dan sensitif;
- Dalam melaksanakan implementasi harga tidak memerlukan investasi modal;
- Harga suatu produk sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal (resesi ekonomi dan inflasi, peningkatan suhu persaingan, kejenuhan pasar atau kelebihan jumlah pasokan, muncul perusahaan kompetitor baru, dan berkembangnya konsumerisme).
Sumber pustaka : Marketing untuk SMK Jilid 2 /oleh Ngadiman ---- Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Baca juga postingan lainnya yang berkaitan dengan "pasar marketing" berikut ini :
Baca juga postingan lainnya yang berkaitan dengan "pasar marketing" berikut ini :
0 komentar:
Post a Comment