Home » , » Pengertian dan Jenis-Jenis Media Elektronik untuk Periklanan Adalah

Pengertian dan Jenis-Jenis Media Elektronik untuk Periklanan Adalah

Media elektronik, yaitu media dengan teknologi elektronik dan hanya bisa digunakan bila ada jasa transmisi siaran. Bentuk-bentuk iklan dalam media elektronik biasanya berupa sponsorship, iklan partisipasi (disisipkan di tengah-tengah film atau acara pengumuman/film, iklan layanan masyarakat, jingle, sandiwara, dan lain-lain.

Adapun jenis-jenis dari media elektronik diantaranya adalah Televisi dan Radio.
  1. Televisi
    • Keunggulan media televisi meliputi :
      • Bersifat audio, visual, motion,
      • Formatnya sangat fleksibel,
      • Jangkauannya jauh,
      • Prestisius,
      • Sangat menarik perhatian,
      • Menimbulkan dampak yang kuat,
      • Kemampuannya yang kuat untuk mempengaruhi persepsi khalayak.
      Kelemahan penggunaan media televisi meliputi :
      • Sangat mahal,
      • Banyak gangguan,
      • Penayangan terlalu cepat,
      • Khalayak tidak selektif.
  2. Radio
    • Keunggulan penggunaan media radio antara lain :
      • Merupakan media yang bersifat massal,
      • Memiliki khalayak yang terspesialisasi secara geografis dan demografis,
      • Pembuatan iklan untuk radio relatif murah,
      • Dapat mendukung kampanye iklan di media lain.
      • Fleksibel,
      • Penyisipan iklan di tengah-tengah acara radio lebih efektif daripada penyisipan iklan di tengah-tengah acara televisi,
      • Radio bukan media yang musiman,
      • Radio dapat dibawa-bawa dan relatif tidak memerlukan energi listrik yang besar.
      Penggunaan media radio memiliki beberapa kelemahan, diantaranya adalah :
      • Hanya menyajikan suara,
      • Iklan di radio biasanya disuarakan dengan cepat,
      • Banyaknya stasiun radio di suatu wilayah menyebabkan pengiklan wring tumpang tindih dalam menjangkau pasar;
      • Iklan harus disesuaikan dengan sumber daya setempat.
      • Frekuensi Wan yang disiarkan sulit dibuktikan telah sesuai dengan pesanan.  NEXT 
Sumber pustaka : Marketing untuk SMK Jilid 2 /oleh Ngadiman ---- Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Baca juga postingan lainnya yang berkaitan dengan "periklanan" berikut ini :

0 komentar:

Post a Comment

Memuat...
Powered by Blogger.