Home » , » Keunggulan dan kelemahan Media Luar Ruangan Untuk Periklanan Adalah

Keunggulan dan kelemahan Media Luar Ruangan Untuk Periklanan Adalah

Media luar ruang, yaitu media iklan (biasanya berukuran besar) yang dipasang di tempat-tempat terbuka seperti di pinggir jalan, di pusat keramaian, atau tempat-tempat khusus lainnya, seperti di dalam bis kota, gedung, pagar tembok, dan sebagainya.

Jenis-jenis media luar ruang meliputi billboard, baleho, poster, spanduk, umbul-umbul, transit (panel bis), balon raksasa, dan lain-lain. Keunggulan dari media luar ruang antara lain :
  1. Murah,
  2. Sangat mencolok karena ukurannya besar,
  3. Penampilannya menarik,
  4. Fleksibel,
  5. Persaingan sedikit,
  6. Menayangkan pesan iklan yang sama berkali-kali,
  7. Memiliki kesinambungan atau kontinuitas yang baik,
  8. Penempatan yang strategis dapat membuat masyarakat yang lalu lalang terekspos untuk memandangnya.
billboard [image by autumn0sunrise.weebly.com], 
Sebagaimana media lainnya, media luar ruang juga memiliki beberapa kelemahan, yaitu :
  1. Membahayakan pengemudi. Dalam hal ini ada contoh yang menarik, yaitu iklan Revlon di salah satu negara Eropa. Pernah terjadi kecelakaan beruntun di negara tersebut hanya 'garagara' supirnya memandangi papan reklame Revlon di pinggir jalan yang menampilkan artis dan top model cantik Cindy Crawford,
  2. Kreativitas terbatas,
  3. Masyarakat khalayak tidak selektif,
  4. Hanya efektif bila khalayak menggunakan kendaraan yang memiliki ruang pandang luas, misalnya sepeda, sepeda motor, mobil pribadi.  NEXT 
Sumber pustaka : Marketing untuk SMK Jilid 2 /oleh Ngadiman ---- Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Baca juga postingan lainnya yang berkaitan dengan "marketing periklanan" berikut ini :

0 komentar:

Post a Comment

Memuat...
Powered by Blogger.