Home » , » Sasaran dan Strategi Pemasaran

Sasaran dan Strategi Pemasaran

Langkah selanjutnya dalam perencanaan pemasaran adalah penulisan sasaran dan strategi pemasaran sebagai langkah kunci dalam proses keseluruhan. Suatu sasaran adalah apa yang ingin capai. Suatu strategi adalah bagaimana berencana untuk mencapai sasaran. Di seluruh tingkatan pemasaran pasti ada sasaran dan strategi.

Misalnya, akan ada yang dinamakan sasaran dan strategi periklanan serta sasaran dan strategi harga. Hal penting dalam sasaran pemasaran (marketing objectives) adalah bahwa sasaran tersebut berbicara tentang produk dan pasar saja.

sasaran dan strategi pemasaran [image by www.dautic.com], 
Sasaran pemasaran adalah tentang satu atau lebih dari hal-hal sebagai berikut:
  1. Produk yang telah ada di pasar yang telah ada.
  2. Produk baru di pasar yang telah ada.
  3. Produk yang telah ada untuk pasar baru.
  4. Produk baru untuk pasar baru.
Sasaran pemasaran dapat diukur. Istilah pengarah seperti "maksimalisasi", "minimalisasi", "penetrasi", dan "meningkat" dapat diterima jika ada pengukuran kuantitatif yang dapat dilekatkan pada istilah tersebut. Pengukuran dinyatakan dalam bentuk beberapa atau ,s.eluruh hal sebagai berikut: volume penjualan, pangsa pasar, laba, persentase penetrasi outlet, awareness, dan kepercayaan.

Strategi pemasaran adalah metode untuk mencapai sasaran pemasaran dan dinyatakan dalam bauran pemasaran (marketing mix), dimana Bauran tersebut adalah suatu set variabel dalam rencana pemasaran yang dapat dikontrol yang biasanya dinyatakan dalam bentuk 4P yaitu product (produk), price (harga), place (distribusi), dan promotion (promosi).

Sumber pustaka : Marketing untuk SMK Jilid 2 /oleh Ngadiman ---- Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Baca juga postingan lainnya yang berkaitan dengan "pasar marketing" berikut ini :

0 komentar:

Post a Comment

Memuat...
Powered by Blogger.