Home » , » Pengertian dan Jenis-Jenis Media Cetak untuk Periklanan Adalah

Pengertian dan Jenis-Jenis Media Cetak untuk Periklanan Adalah

Media cetak yaitu media yang statis dan mengutamakan pesanpesan dengan sejumlah kata, gambar, atau foto, baik dalam tata warna maupun hitam putih. Bentuk -bentuk iklan dalam media cetak biasanya berupa iklan baris, iklan display, suplemen, pariwara, dan iklan layanan masyarakat.

Jenis-jenis media cetak terdiri atas :
  1. Surat Kabar
    • Keunggulan media surat kabar meliputi :
      • Cakupan pasarnya luas dan bisa dalam lingkup nasional, regional, maupun lokal,
      • Fleksibel,
      • Tepat waktu,
      • Diterima luas,
      • Sangat terpercaya,
      • Merupakan referensi yang bisa dibawa-bawa ketika berbelanja,
      • Memuat hal-hal yang aktual.
      Kelemahan media surat kabar meliputi :
      • Hanya dibaca dalam waktu singkat (memiliki life span yang singkat),
      • Kualitas reproduksi buruk,
      • Pembaca ganda terbatas,
      • Tata letak yang buruk dapat mengacaukan penglihatan pembaca,dan informasi yang berlebihan membuat pengaruh iklan berkurang,
      • Beberapa kelompok pembaca tidak dapat terjangkau, misalnya karena adanya perbedaan bahasa,
      • Beberapa produk tidak dapat atau tidak cocok diiklankan di koran(misalnya : iklan pesawat).
  2. Majalah
    • Keunggulan media majalah antara lain:
      • Menjangkau segmen pasar tertentu yang spesifik dan terspesialisasi secara demografis atau geografis,
      • Terpercaya,
      • Mampu mengangkat produk yang diiklankan sejajar dengan persepsi khalayak terhadap prestise majalah yang bersangkutan,
      • Kualitas reproduksi sangat bagus,
      • Masa edar sangat panjang dan biasanya dikoleksi,
      • Pembaca ganda banyak,
      • Kualitas visual sangat bagus karena dicetak di kertas yang bermutu tinggi,
      • Gambar ilustrasi periklanan media cetak [source image by cikalnews.com], 
      • Dapat digunakan sebagai media humas dan sales promotion.
      Kelemahan yang ada pada majalah meliputi :
      • Pemesanan tempat iklan di majalah harus jauh-jauh hari dan tempat-tempat tertentu di majalah kadang-kadang sudah dikontrak untuk jangka waktu yang lama,
      • Waktu edar sangat lambat,
      • Biayanya mahal.

  3. Tabloid, brosur, selebaran, dan lain-lain.  NEXT 
Sumber pustaka : Marketing untuk SMK Jilid 2 /oleh Ngadiman ---- Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Baca juga postingan lainnya yang berkaitan dengan "periklanan" berikut ini :

0 komentar:

Post a Comment

Memuat...
Powered by Blogger.