Jasa merupakan setiap tindakan atau perbuatan yang dapat ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain yang pada dasarnya bersifat intangible (tidak berwujud fisik) dan tidak menghasilkan kepemilikan sesuatu.
Jasa dapat diklasifikasikan berdasarkan berbagai kriteria, yaitu berdasarkan sifat tindakan jasa, berdasarkan hubungan dengan pelanggan, berdasarkan tingkat customization dan judgment dalam penyampaian jasa, berdasarkan sifat permintaan dan penawaran jasa, dan berdasarkan metode penyampaian jasa.
Jasa memiliki karakteristik tersendiri yang membedakan dengan barang, yaitu intangibility, inseparability, variability, dan perishability. Dalam setiap momen tertentu, jasa berkapasitas tetap akan menghadapi salah satu dari empat kondisi yang terdiri dari permintaan berlebihan, permintaan melampaui kapasitas optimum, permintaan dan penawaran seimbang pada tingkat kapasitas optimum, dan kapasitas berlebihan.
Ada dua pendekatan pokok untuk mengatasi masalah fluktuasi permintaan, yaitu menyesuaikan tingkat kapasitas untuk memenuhi variasi permintaan dan mengelola tingkat permintaan.
Berikut beberapa strategi yang dapat diterapkan perusahaan jasa untuk menyesuaikan kapasitasnya dengan tingkat permintaan yang berfluktuasi adalah menggunakan karyawan paruh waktu, menyewa atau berbagi fasilitas dan peralatan tambahan, menjadwalkan aktivitas downtime selama periode permintaan rendah, melakukan pelatihan silang (cross-training) terhadap karyawan, dan meningkatkan partisipasi para pelanggan.
Secara garis besar, strategi pemasaran jasa berkaitan dengan tiga hal berikut melakukan diferensiasi kompetitif, mengelola kualitas jasa, dan mengelola produktivitas.
Sumber pustaka : Marketing untuk SMK Jilid 1 /oleh Ngadiman ---- Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Baca juga postingan lainnya yang berkaitan dengan "pasar" berikut ini :
Jasa dapat diklasifikasikan berdasarkan berbagai kriteria, yaitu berdasarkan sifat tindakan jasa, berdasarkan hubungan dengan pelanggan, berdasarkan tingkat customization dan judgment dalam penyampaian jasa, berdasarkan sifat permintaan dan penawaran jasa, dan berdasarkan metode penyampaian jasa.
Gambar ilustrasi marketing [source image by www.anneahira.com], |
Ada dua pendekatan pokok untuk mengatasi masalah fluktuasi permintaan, yaitu menyesuaikan tingkat kapasitas untuk memenuhi variasi permintaan dan mengelola tingkat permintaan.
Berikut beberapa strategi yang dapat diterapkan perusahaan jasa untuk menyesuaikan kapasitasnya dengan tingkat permintaan yang berfluktuasi adalah menggunakan karyawan paruh waktu, menyewa atau berbagi fasilitas dan peralatan tambahan, menjadwalkan aktivitas downtime selama periode permintaan rendah, melakukan pelatihan silang (cross-training) terhadap karyawan, dan meningkatkan partisipasi para pelanggan.
Secara garis besar, strategi pemasaran jasa berkaitan dengan tiga hal berikut melakukan diferensiasi kompetitif, mengelola kualitas jasa, dan mengelola produktivitas.
Sumber pustaka : Marketing untuk SMK Jilid 1 /oleh Ngadiman ---- Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Baca juga postingan lainnya yang berkaitan dengan "pasar" berikut ini :
0 komentar:
Post a Comment